Wednesday, January 11, 2012

Mengetahui perbeda'an aplikasi signed, aplikasi unsigned, aplikasi trial version, dan aplikasi dengan certifikat kadaluarsa

Artikel yg satu memang sulit utk di pahami, terbukti msih bnyak yg belum tahu kenpa aplikasi2 yg mereka cari tdk dpt di pasang di ponselnya.
tapi sebenarnya apa yg aku tuliskan ini sangat mudah di praktekan jika kamu brusaha mencermati, memahami dan mencobanya.
Banyak sekali pengguna ponsel symbian yg mengeluh tentang aplikasi2 yg tdk bs di instal di hp'nya, hal ini jls sngat mrugikan mengingat utk
mndownload apliksi trsebut memerlukn biaya, tp stlh di download aplikasi trsbut tdk bs di instal, padahal aplikasi sudah suport dng type ponsel trsbt..

Seblum menuju ke pointnya mari kita pahami dulu tentang perbeda'an2 aplikasi singned, unsigned, trial version dan aplikasi dng certifikat kadaluarsa.

1. Aplikasi signed:
Utk ponsel2 symbian stiap akan mengistal suatu aplikasi pasti akan di periksa dahulu apakah aplikasi tersebut aman atau tidak utk ponsel trsbut. Klo aplikasi trsbut mempunyai certifikat AMAN, barulah aplikasi trsbut di ijinkan utk di instal.
Certifikat AMAN trsbt di berikan oleh vendor masing2 produk ponsel, misal NOKIA, SONYERRICSON, SIEMENS dll. Jadi stiap pengembang aplikasi hrus melaporkan aplikasinya ke vendor yg brsangkutan utk di periksa dan di uji coba terlebih dahulu, dng bgitu aplikasi trsbt akan di brikan certifikat AMAN.
Jadi kesimpulanya, aplikasi signed adalh aplikasi yg sdh mendapatkan certifikat AMAN.

2. Aplikasi Unsigned :
Aplikasi Unsigned adalah aplikasi yang belum mempunyai sertifikat “AMAN” dari vendor yang bersangkutan. Banyak sekali aplikasi-aplikasi yang unsigned yang beredar sekarang. Ada beberapa cara agar Aplikasi Aplikasi Unsigned bisa di install di ponsel, mulai dari memberikan sertifikat “AMAN” dng cara meng-signed secara online, bisa juga secara offline dengan bantuan aplikasi tertentu, Sebagian besar pengguna symbian meng-signed dengan cara meng-HACK ponsel kita.
Mendengar kata HACK udh pasti identik dng pemaksa'an, andai kita jdi ponselnya, kita seperti di suruh paksa memakan makanan yang kita tidak suka. Kalau memberikan sertifikat “AMAN” dengan cara men- signed secara offlie melalui aplikasi tertentu, seperti kita di bujuk bujuk untuk memakan makanan yang kita tidak suka. Cara ini mngkin lebih manusiawi di banding meng-HACK ponsel kita.
Jadi kesimpulan aplikasi Unsigned adlah aplikasi yg blm mempunyai certifikat AMAN.

3. Aplikasi Trial Version :
Aplikasi Trial Version adalah aplikasi uji coba. Sebagai contoh, kamu ingin membeli suatu Aplikasi dan bingung apakah aplikasi ini nanti bagus apa tidak. Biasanya penjual aplikasi akan menawarkan masa uji coba aplikasi tersebut. Misal memberikan versi trial slma 15 hari, nah kamu bs memakai aplikasi trsbut slama 15 hari, setelah lewat 15 hari aplikasi trsbt tdk bs digunakan.untuk dpt mnggunakan kmbli scra full, kamu harus membelinya ke pengembangnya. Nach itu yang di namakan masa trial atau masa uji coba. Aplikasi-aplikasi yang mempunyai masa trial, kebanyakan sudah Signed.

4. Aplikasi Dengan Certifikat Kadaluarsa:
kalian pasti pernah mengalami sa'at menginstall aplikasi, tapi muncul peringatan "sertifikat kadaluarsa, hubungi penyalur certifikat" atau "certifikat expired" dll.
Nah,, aplikasi aplikasi semacam ini sebenarnya memiliki sertifikat AMAN dari vendor yang bersangkutan, tapi sayangnya masa kelayakan sertifikatnya udah habis, mirip seperti produk barang yang sudah tiba tanggal kadaluarsanya. Menginstall aplikasi semacam ini belum tentu aman dari masalah, bisa saja muncul masalah yang mengganggu pada system ponsel kamu. mirip kalau kita makan sebungkus makanan yang kadaluarsa. Kadang tdk terjadi apa apa, tp kadang jg bkin sakit perut.
Untuk menginstall aplikasi semacam ini ada 2 cara :

Pertama: dengan cara memundurkan setingan tanggal dan tahun di ponsel kita ke tanggal di mana sertifikatnya belum kadaluarsa.Setting tanggalnya dulu sebelum menginstall aplikasinya. Caranya mundurin setingan tanggal dan tahun di ponsel kamu, misal dari tgl: 12/07/2010 di mundurin jadi tgl: 01/01/2009 , setelah itu baru instal aplikasi tersebut.
Jika msih muncul certifikat error, certifikat kadaluarsa, hubungi penyalur certifikat, maka kamu mundurin lgi setingan tanggal jdi 01/01/2008 , begitu seterusnya sampe aplikasi bisa di instal.

Kedua: dengan cara memberikat sertifikat baru (men-signed) pada aplikasinya sebelum di install. Cara ini bisa dilakukan secara Online melalui situs tertentu, maupun secara offline dengan bantuan aplikasi tertentu.

Sebenarnya masalah-masalah tersebut tidak akan di jumpai kalau kamu mau meng HACK ponsel kamu,
smua aplikasi unsigned, aplikasi dengan certifikat kadaularsa bisa dengan mudah di instal di ponsel kamu.
Cara meng-HACK nya udh aku ulas pada postinganku yg dulu.













sumber : virg blog

No comments:

Post a Comment